606
Redaksi |

Anekdot Sufi: Cincin Dzu Nun al-Mishri

Sumber gambar shuoon.om

Ada seorang pemuda yang tidak menyukai tasawuf. Dia selalu mengkritik para sufi di setiap bicaranya. Suatu hari dia bertemu dengan Dzu Nun al-Mishri. Dalam pertemuan itu, Dzu Nun memberinya cincin.

“Jika kau ingin tahu tentang tasawuf, bawa cincin ini ke pasar dan jual di sana. Perhatikan berapa harga yang mereka ajukan.”

Pemuda itu membawa cincin itu ke pasar, tapi tidak ada satu pun dari mereka yang menawarnya lebih dari satu dirham. Pemuda itu kembali menemui Dzu Nun al-Mishri dan menceritakan apa yang terjadi.

Dzu Nun al-Mishri berkata kepada pemuda itu: “Sekarang jual cincin ini ke toko perhiasan dan lihat berapa harga yang mereka ajukan.”

Pemuda itu pergi ke toko perhiasan dan pemilik toko menawar cincin itu seharga seratus dinar emas. Pemuda itu kembali menemui Dzu Nun al-Mishri dan menceritakan apa yang terjadi. Lalu Dzu Nun berkata kepadanya:

“Apa yang kau ketahui tentang tasawuf sama seperti apa yang diketahui orang pasar tentang cincin ini.”


Kepada para pembaca setia kalami.id dan para penulis. kalami.id mengundang Anda semua untuk menjadi kontributor, menyumbangkan pemikiran dan gagasan Anda melalui web kalami.id. Ingin tahu bagaimana aturan mainnya, klik di sini

Share this...
Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Kalami ID
Trending